Marketing atau pemasaran, ternyata telah banyak mengalami evolusi atau perubahan. Perubahan tersebut dimulai dari era yang disebut Marketing 1.0. Apakah itu era Marketing 1.0?
Marketing 1.0 adalah era dimana, pemasar tidak memperdulikan perasaan pelanggan, melainkan memberikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen saja. Era ini umumnya dikenal dengan “product centric era”. Tidak seperti sekarang ini, di era ini, pemasaran dilakukan secara tradisional, seperti melalui televisi dan radio.
Setiap konsep Marketing mempunyai strategi dan target khusus untuk memperkenalkan produknya dan menarik perhatian customer. Dalam konsep era pertama Marketing, perusahaan ataupun pebisnis menaruh fokus terhadap produknya atau biasa disebut “Product Centric Era“. Untuk menjual produknya, konsep marketing yang muncul di saat perekonomian Amerika dalam keadaan sangat baik pada tahun 1960-an ini menggunakan strategi 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.
Contoh bisnis yang menggunakan strategi Marketing 1.0 adalah Warmindo (Warung Makan Indomie) yang kerap Anda lihat di mana pun, mulai dari depan kompleks hingga di samping kampus. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai 4P beserta penerapannya di Warmindo.
sumber: https://tribelio.com/blog/read/marketing-10-pengertian-dan-strategi-4 https://stickearn.com/id/blog/blog/marketing-4-0-adalah#:~:text=Marketing%201.0,-Saat%20konsep%20Marketing&text=Dalam%20era%20ini%2C%20pemasar%20tidak,seperti%20melalui%20televisi%20dan%20radio.